MUHAMMAD
di dalam
Perjanjian Lama                Benarkah?

Page 08


BAKA dan MEKAH

A. BAKA

MENURUT MUSLIM :

Nama Makkah disebut Al-Qur’an, surat Al-Fath (48:24) :

Dan Dialah yang menahan tangan mereka dan (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekah ……

Nama lain dari Makkah adalah Bakka, tergantung dialek sukunya.

Hal ini disebut sekali dalam Surat Ali ‘Imran (3):96, yaitu:
”Sesungguhnya rumah yang mula-mula dlbangun (untuk tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.”

Sungguh mengagumkan, kota Bakka ini disebut oleh Nabi Daud Alaihis-salam dalam Injil - Mazmur 84:7) :
Apabila melintasi lembah Bakka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.”

KOMENTAR :
Dikutip secara lengkap, (Mazmur 84 : 7 – 8) :

MAZMUR 84 : 7
[LAI TB]
Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.
[KJV]
Who passing through the valley of Baca make it a well; the rain also filleth the pools.
[Hebrew]
עֹבְרֵי ׀ בְּעֵמֶק הַבָּכָא מַעְיָן יְשִׁיתוּהוּ גַּם־בְּרָכֹות יַעְטֶה מֹורֶה׃
[Translit]
OVREY BE'EMEQ HABAKHA MAYAN YESYITUHU GAM-BERAKHOT YATEH MOREH

MAZMUR 84 : 8
[LAI TB]
Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.
[KJV]
They go from strength to strength, every one of them in Zion appeareth before God.
[Hebrew]
יֵלְכוּ מֵחַיִל אֶל־חָיִל יֵרָאֶה אֶל־אֱלֹהִים בְּצִיֹּון׃
[Translit]
YELKHU MEKHAYIL ‘EL-KHAYIL YEAR’EH ‘EL-‘ELOHIM BETSIYON

בכא - BAKA

SION, adalah nama lain dari Yerusalem.

1 RAJA-RAJA 8 : 1
[LAI TB]
Pada waktu itu raja Salomo menyuruh para tua-tua Israel dan semua kepala suku, yakni para pemimpin puak orang Israel, berkumpul di hadapannya di Yerusalem, untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN dari kota Daud, yaitu Sion.
[KJV, Hebrew]
אָז יַקְהֵל שְׁלֹמֹה אֶת־זִקְנֵי יִשְׂרָאֵל אֶת־כָּל־רָאשֵׁי הַמַּטֹּות נְשִׂיאֵי הָאָבֹות לִבְנֵי יִשְׂרָאֵל אֶל־הַמֶּלֶךְ שְׁלֹמֹה יְרוּשָׁלִָם לְהַעֲלֹות אֶת־אֲרֹון בְּרִית־יְהוָה מֵעִיר דָּוִד הִיא צִיֹּון׃
[Translit]
‘AZ YAKHEL SYELOMOH ‘ET-ZIQ’NEY YISRA’EL ‘ET-KOL-RASYEI HAMATOT NESI'EI HA’AVOT LIVNEY YISRA’EL 'EL-HAMELEKH SYELOMOH YERO’USYALAM LE'HA’ALOT 'ET-‘ARON BERIT-YEHOVAH (baca ‘Adonay) ME’IR DAVID HI’ TSIYON.

ירושלם – YERO’USYALAM (YERUSALEM) adalah ציון – TSION (SION).

Kita lihat dari konteks kalimatnya :
Penulis kitab Mazmur menggambarkan orang Yahudi yang hendak berziarah ke Yerusalem di mana harus melalui lembah Baka.
Tidak logis jika orang-orang Yahudi yang berdiam di tanah Israel dan wilayah sekitarnya di saat hendak ke Yerusalem harus lebih dulu menuju Mekah yang jaraknya sekitar 1400 km kemudian berbalik lagi ke Yerusalem.

Ada dua pendapat tentang lokasi lembah Baka ini.

PERTAMA.

Pendapat pertama adalah, Lembah Beka di Lebanon.
Lembah Beka disebut juga Biqa atau Beqaa berada di Lebanon.

Dikutip dari :
Encyclopaedia Britannica
Edisi 2003
Sub Topik : Al-Biqa

also spelled Bekaa, or Beqaa, classical Coele Syriabroad valley of central Lebanon.
juga disebut Bekka atau Beqaa …. Lembah di Lebanon tengah.

The valley contains nearly half of Lebanon's arable land…
Lembah ini adalah hampir setengah dari tanah Lebanon yang dapat ditanami…

Perbatasan secara geografi :

Timur :
Selatan :
Barat :
Utara :
kota Al Labwah
kota Baalbek
kota Bahari
kota Al Hirmil

Lihat peta di bawah ini.

Sumber : http://www.the-lebanon.com/lebanon_country...ebanon_sm02.gif

KEDUA.

Arti “BAKA” dalam bahasa Ibrani, “pohon kertau (mulberry tree).”

Kita bisa menemukan referensi dari Alkitab tentang letak lembah POHON KERTAU ini, 2 SAMUEL 5 : 22 – 23.

2 SAMUEL 5 : 22
[LAI TB]
Ketika orang Filistin maju sekali lagi dan memencar di lembah Refaim.
[KJV]
And the Philistines came up yet again, and spread themselves in the valley of Rephaim.
[Hebrew]
וַיֹּסִפוּ עֹוד פְּלִשְׁתִּים לַעֲלֹות וַיִּנָּטְשׁוּ בְּעֵמֶק רְפָאִים׃
[Translit]
VAYOSIFU ‘OD PELISYTIM LA’ALOT VAYINATSYU BE'EMEQ REFAIM

2 SAMUEL 5 : 23
[LAI TB]
maka bertanyalah Daud kepada TUHAN, dan Ia menjawab: “Janganlah maju, tetapi buatlah gerakan lingkaran sampai ke belakang mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau.
[KJV]
And when David enquired of the LORD, he said, Thou shalt not go up; but fetch a compass behind them, and come upon them over against the mulberry trees.
[Hebrew]
וַיִּשְׁאַל דָּוִד בַּיהוָה וַיֹּאמֶר לֹא תַעֲלֶה הָסֵב אֶל־אַחֲרֵיהֶם וּבָאתָ לָהֶם מִמּוּל בְּכָאִים׃
[Translit]
VAYISYAL DAVID BAYEHOVAH VAYOMER LO’ TA’ALEH HASEV EL-AKHAREIHEM ‘UVATA LAHEM MIMUL BEKHAIM

Lembah Refaim sendiri terletak sekitar 6 km sebelah barat daya Yerusalem. Berarti lembah Baka sendiri pasti terletak tidak jauh dari lembah Refaim.

Tampaknya teman-teman Muslim mengartikan hanya oleh karena ada kemiripan bunyi dari dua bahasa yang berbeda.

B. MEKAH

Teman-teman Muslim mengklaim kota Mekah adalah pusat dari agama Islam dan pusat dari sejarah. Menurut mereka, “tempat suci pertama yang diperuntukkan bagi manusia adalah Mekah, tempat yang diberkati, petunjuk bagi umat manusia,” (Sura 3:96).

Menurut tradisi Islam, Adam menempatkan batu hitam di dalam Kabah. Sementara menurut Qur’an (Sura 2:125-127) adalah Abraham dan Ismael membangun ulang Kabah beberapa tahun kemudian.

Jadi menurut Muslim, bahwa Mekah dipandang sebagai kota yang pertama dan paling penting di dunia.

Namun, bertentangan dengan pandangan Islam di atas, ternyata yang didapati justru :
  • Tidak ada dokumentasi secuilpun yang menyatakan Abraham pernah pergi atau tinggal di Mekah.
  • Tidak ada bukti arkeologis dan referensi secuilpun tentang kota Mekah sebelum era Islam.

Beberapa pembahasan diberikan di bawah ini :

PERTAMA.

Dari penelitian,
yang dilakukan oleh Patricia Crone dan Michael Cook,
dalam buku Hagarism :
The Making of The Islamic World, 1977.
Satu-satunya kemungkinan penyebutan Mekah dalam dokumen pra Islam adalah yang ditulis oleh sejarawan Ptolemy abad ke 2M yang menyebutkan sebuah kota bernama “Makoraba.” Namun, tidak ada kepastian dari dugaan ini karena nama Makoraba hanya disebut sepintas saja.

KEDUA.

Selain itu kemungkinan lain adalah dari laporan Strabo di dalam buku :

Geography, buku XVI, bab iv,
halaman 1-4, 18-19, 21-26,

Buku ini bertarikh tahun 22 masehi. Namun laporan dari Strabo tidak menuliskan adanya kota Mekah, melainkan lebih merupakan gambaran tentang sisi pantai Hijaz dan sebuah kota bernama Negrani.

Berikut kutipannya :

Kemudian adalah pantai yang berbukit-bukit, dan setelah itu beberapa teluk dan kota yang dihuni oleh kaum nomaden, yang hidup dengan unta mereka.
Penguasa kota tersebut adalah Sabos.
Gallus menghabiskan lima puluh hari melalui daerah ini, melalui jalanan, dan kemudian sampai di kota Negrani.

Namun lagi-lagi, tidak ada kepastian sama sekali tentang Negrani adalah Mekah.

KETIGA.

Sementara dikutip dari buku :

Sejarah Hidup Muhammad
Muhammad Husain Haekal

BAGIAN KEDUA: MEKAH, KA'BAH DAN QURAISY
… Untuk mengetahui sejarah dibangunnya kota ini SUNGGUH SUKAR SEKALI. MUNGKIN sekali ia bertolak ke masa ribuan tahun yang lalu.
….MUNGKIN sekali Ismail anak Ibrahim itu orang pertama yang menjadikannya sebagai tempat tinggal, …. Kalau Ismail adalah orang pertama yang menjadikan Mekah sebagai tempat tinggal, maka sejarah tempat ini sebelum itu GELAP SEKALI.

Jadi Haekal mengakui, sejarah kota ini SANGAT SUKAR ditelusuri dan GELAP SEKALI.
Tentu saja, oleh karena pada jaman Pra Islam, kota Mekah boleh dikatakan TIDAK DIKENAL.

KEEMPAT.

Sementara dari buku yang lain :

Sejarah Kota Mekah – Klasik dan Modern
Akbar Media Eka Sarana, Januari 2003
DR. Muhammad Ilyas Abdul Gani

Tidak satupun memberikan informasi tentang catatan arkeologis pra Islam yang dapat menguatkan klaim bahwa kota Mekah tersebut telah didirikan pada jaman Abraham (sekitar 2000SM).

KELIMA.

Satu kesimpulan akhir yang cukup masuk akal adalah :

Dikutip dari :
Muhammad – Kisah Hidup Nabi.
Berdasar Sumber Klasik Martin Lings.
Serambi Ilmu Semesta, 2002, halaman 10.

…Ada 2 pusat suci yang melingkupi Ibrahim: satu di daerahnya, dan satu lagi MUNGKIN BELUM DIKETAHUI, dan MUNGKIN KE SANALAH Hajar dan Ismail dituntun, ke suatu lembah tandus di Arabia ....... Lembah itu bernama Bakah.

Jadi pengkaitan Mekah dengan Bakah hanya sesuatu yang hanya bisa disimpulkan sebagai MUNGKIN. Karena sesungguhnya, memang TIDAK ADA BUKTI-BUKTI PRA ISLAM yang menguatkannya.

Begitu juga, tidak ada bukti secuilpun yang mengkaitkan Mekah sebagai TEMPAT PEMUJAAN YANG UTAMA dari era Ibrahim hingga menjelang era Islam.

Tidak ada komentar: